HP Smartphone Sering Restart Sendiri ? Ini Penyebab Dan Solusinya

 gadget

Beberapa masalah ditemui ketika sedang menggunakan samrtphone saat ini, seperti smartphone yang mudah memanas, daya baterai yang cepat habis, tiba-tiba nge-lag, bahkan hingga sering terjadinya restart itu sangat mengganggu bagi penggunanya. Smartphone yang sering kali mengalami restart tersebut terkena penyakit bernama bootloop. Bootloop adalah proses booting yang terjadi berulang-ulang baik saat belum masuk ke layar utama atau sudah masuk ke tampilan layar utama pada smartphone anda. Kategori bootloop terbagi menjadi 3 yaitu ringan, sedang, dan berat.

HP Smartphone Sering Restart

Masalah smartphone sering restar pastinya membuat geram, terlebih jika perangkat tersebut dipergunakan saat kepentingan mendesak dan tiba-tiba restar begitu saja. Banyak dari pengguna smartphone yang sama sekali tidak menghiraukan seberapa batasan smartphone yang mereka miliki, maksudnya adalah batasan dalam mengisi aplikasi dan game di smartphone mereka.

Baca juga :

Disaat ada aplikasi baru atau game baru langsung menginstalnya begitu saja, tanpa menghapus aplikasi lama yang sudah tidak digunakan atau tanpa melihat kemampuan penyimpanan pada smartphonenya.

Lalu apa saja yang sebenarnya menjadi faktor penyebab smartphone sering mengalami restart?

  1.  Penyebab pertama hp smartphone sering restart bisa karena virus. Virus merupakan salah satu ancaman pada semua sistem operasi, baik itu pada komputer ataupun smartphone. 1 virus yang berbahaya bisa – bisa menyebabkan semua sistem rusak total. Contoh sederhana restart sendiri, mungkin virus tersebut masuk pada sistem reboot yang membuat smartphone sering terjadi restart. Sebaiknya gunakan anti virus handal untuk menghapus dan mencegah masukkan virus ke sistem android.
  2. Hardware pada smartphone yang terlalu panas sering kali terjadi di komponen baterai smartphone. Baterai panas maka akan merambat ke hardware lain seperti RAM, Processor, dan lain – lainnya. Semua jenis teknologi seperti smartphone memang dirancang untuk melakukan restart sendiri apabila suhu hardware serasa sangat panas.
  3. Terjadi error pada sistem atau perangkat lunak smartphone itu sendiri juga bisa menjadi penyebab hp smartphone sering restart. Smartphone yang berbasis android menemukan banyak error pada saat sedang menjalankan perintah baik yang dilakukan manual ataupun oleh aplikasi yang berjalan di latar. Perintah tersebut terjadi banyak masalah sehingga membuat OS tidak bisa bekerja dengan baik pada akhirnya akan muncul keterangan “Force Close” kemudian hp restart sendiri.
  4. Terlalu banyak file sampah menumpuk dan tidak pernah dibersihkan maka dapat menyebabkan ponsel android terasa berat, sering error, force close tiba – tiba, hang, dan pada akhirnya hp smartphone sering restart dengan sendirinya.
  5. File yang bertabrakan mungkin disebabkan karena update yang belum selesai sehingga membuat file campur aduk dan sering mengalami error. Dan tidak menutup kemungkinan juga terjadi restart pada smartphone anda.
  6. Setiap smartphone memiliki kemampuan yang berbeda – beda, sebagai penguna yang bijak anda diharapkan tidak memaksakan sesuatu yang memang tidak mampu dilakukan oleh smartphone milik anda. Overload pada hardware utama seperti CPU, Memory RAM dan GPU akan membuat hang, dan pada akhirnya smartphone akan restart dengan sendirinya.
  7. Apabila ada aplikasi yang error pada smartphone, terasa berat, berhenti tiba – tiba, muncul pesan error, force close maka hal tersebut bisa menjadi kemungkinan smartphone android anda restart dengan sendirinya. File aplikasi yang tidak lengkap, rusak, atau tidak compatible membuat sistem android pada smartphone anda error.

Beberapa penyebab hp smartphone sering restart sendiri yang ada di atas tentu ada solusinya dan cara memperbaikinya, berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan :

hp smartphone sering restart

  1. Bersihkan cache atau data aplikasi dan game yang tersimpan. Cache dan data yang menumpuk dari banyak aplikasi atau game juga bisa menjadi penyebab hp restart terus menerus.
  2. Hapus aplikasi yang tidak penting. Seperti aplikasi penghemat baterai, aplikasi antivirus karena aplikasi ini berjalan di bacground dan sangat menguras RAM karena aplikasi ini akan terus bekerja.
  3. Hapus game yang memberatkan perangkat smartphone anda. Tujuannya agar smartphone tidak sering terjadi error, rusak, atupun restart sendiri.
  4. Update aplikasi yang terpasang di smartphone anda. Caranya masuk ke Play Store – My apps – Klik Update, namun apabila masalah masih terjadi coba hapus aplikasi yang berukuran besar yang ada di ponsel kalian.
  5. Lakukan Unroot agar smartphone anda bisa bekerja dengan normal kembali. Gunakan aplikasi Unroot untuk menghapus rooted yang anda lakukan.
  6. Matikan smartphone anda, lalu cabut baterai, SIM Card, dan SD Card (Micro SD). Diamkan beberapa waktu agar tidak ada daya yang masuk ke smartphone. Pasang dan nyalakan kembali smartphone anda.
  7. Jika semua cara diatas tidak berhasil, maka ada hanya bisa satu cara terakhir yang dengan mengembalikan smartphone ke kondisi semua (Pengaturan Pabrik). Backup dulu semua data anda agar nantinya bisa anda kembalikan lagi. Masuk pada menu Pengaturan » Backup & Riset » Factory Data Reset, lalu tap “Reset Phone”.

 

Author: 

2 Responses

  1. Roy VandiSeptember 7, 2017 at 10:25 pmReply

    ohhh baru tau saya ini makasih ya. tapi untung nya belum terjadi masalah masalah itu di hp

  2. Eka AprilyaSeptember 7, 2017 at 10:30 pmReply

    makasih loh ya ini jadi baru tau saya nya . pernah alamin seperti itu juga

Leave a Reply

3 × five =