Gejala Asam Urat

Kenali Gejala Asam Urat Dan Cara Pencegahannya

Penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang mereka yang berusia diatas 30 tahun, namun saat ini pola hidup yang tak sehat pun menjadikan penyakit ini bisa menyerang kaum muda. Gejala asam urat seringkali ditandai dengan rasa panas yang muncul di area sendi, dan semua sendi memiliki risiko terkena asam urat. Diantara begitu banyak sendi di tubuh, sendi yang paling rentan atau sering terkena yakni pergelangan kaki, jari tangan dan bagian kaki.

Rasa sakit yang muncul dari gejala asam urat ini bisa berlangsung mulai 3 sampai 10 hari. Beberapa orang seringkali menyebut asam urat ini dengan penyakit rematik, padahal keduanya adalah hal yang berbeda.

Penyakit asam urat jika dibiarkan saja maka bisa berakibat semakin parah. Dan pada kasus tertentu bisa memicu komplikasi terhadap penyakit lainnya. Dan jika sudah begini maka penanganannya akan kian sulit.

Faktor pemicu penyakit asam urat

Sama seperti penyakit lain, penyakit asam urat ini juga muncul karena ada faktor pemicunya. Berikut ini beberapa faktor risiko dari penyakit asam urat yang bisa dideteksi dengan mudah:

Riwayat keluarga

Punya riwayat keluarga yang mengidap asam urat juga menjadi salah satu faktor penyebabnya. Jadi jika ada salah satu keluarga yang mengidap penyakit ini, usahakan untuk mulai mengubah pola hidup.

Mengonsumsi obat-obatan

Salah satu yang menyebabkan asam urat yakni obat-obatan. Ada beberapa jenis obat yang jika dikonsumsi terlalu sering dapat menyebabkan asam urat. Beberapa diantaranya yakni yang memiliki kandungan diuretic, aspirin, cicloporin serta beberapa obat kemoterapi. Adapun baru saja melakukan pembedahan atau cedera juga bisa meningkatkan risiko.

Penyakit lain

Memiliki penyakit lain semisal gangguan sindrom metabolic, penyakit ginjal, penyakit tiroid, anemia, leukemia, hipertensi dan lain sebagainya.

Pola makan

Sering mengonsumsi makanan berkandungan purin tinggi semisal jeroan, daging merah atau makanan laut bisa meningkatkan faktor pemicu penyakit asam urat. Tak hanya itu, minuman manis dan berakohol juga turut meningkatkan risiko terkena penyakit ini.

Berat badan berlebih

Penyebab asam urat yang lainnya yakni berat badan berlebih. Berat badan berlebih akan memaksa tubuh untuk memproduksi asam urat semakin banyak. Hal ini kemudian menyebabkan kadar asam urat pun melonjak dalam tubuh sehingga ginjal kesulitan untuk membuangnya.

Gejala asam urat

Terdapat berbagai macam gejala penyakit asam urat yang biasa terjadi, dan kesemua gejala ini harus ketahui. Beberapa diantaranya antara lain:

  • Terasa kesulitan dalam berjalan khususnya malam hari
  • Sendi yang tetiba merasakan sakit
  • Nyeri selama beberapa jam yang disertai dengan rasa panas, pembengkakan dan atau muncul warna kemerahan pada kulit sendi
  • Ketika gejala mulai mereda dan bengkaknya sudah mulai mengempis, kulit sendi akan nampak terkelupas, gatal dan bersisik.

Gejala asam urat sebenarnya bisa mereda dengan sendirinya, meski begitu tetap dilakukan pengobatan agar risiko kambuhnya tidak meningkat.

Pengobatan dan pencegahan kambuhnya penyakit asam urat

Bagi para penderita asam urat, biasanya ada dua jenis pengobatan yang bisa dilakukan. Pengobatan ini memiliki dua sasaran atau tujuan yakni mencegah serangan terjadi kembali dan untuk meringankan nyeri ketika kambuh.

Untuk meringankan nyeri yang terjadi ketika asam urat kambuh, disarankan dengan menempelkan kain atau kantong berisi es pada sendi yang sakit. Atau bisa juga dengan mengkonsumsi obat pereda sakit dan juga obat dari golongan steroid.

Sedangkan jika Anda ingin mencegah munculnya asam urat, maka konsumsi obat untuk penurun kadar asam urat adalah opsi terbaik. Selain itu juga selalu menghindari kebiasaan-kebiasaan yang mampu memicu munculnya gejala asam urat. Dua cara ini disebut ampuh untuk mencegah asam urat kambuh kembali.

Pencegahan penyakit asam urat

Sebenarnya setiap penyakit bisa dicegah, begitupula dengan asam urat. Dibawah ini adalah beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan:

  1. Menghindari makanan dengan kadar purin yang tinggi
  2. Banyak minum air putih
  3. Kurangi konsumsi alkohol
  4. Konsumsi buah dengan kadar antioksidan yang tinggi
  5. Minum kopi secukupnya
  6. Rutin berolahraga
  7. Hindari obesitas
  8. Membiasakan pola hidup sehat

Kapan kita harus ke dokter?

Penyakit asam urat mungkin awalnya tidak terasa terlalu sakit, namun jika dibiarkan maka bisa jadi kambuh semakin parah. Untuk itu jika Anda mengalami beberapa gejala asam urat diatas selama berminggu-minggu dan kian parah, disarankan untuk mengecek kadar asam urat ke dokter. Penanganan yang cepat dan tepat akan membuah Anda bisa terhindari dari komplikasi berbahaya yang diakibatkan asam urat.

Penyakit asam urat tidak bisa disembuhkan, namun bisa diminimalisir kambuhnya dengan menerapkan pola hidup sehat. Jadi biasakan hidup sehat jika ingin tubuh sehat pula.